Komputer & Program

Komputer (computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung (to compute atau to reckon)

Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah informasi menurut prosedur yang telah dirumuskan, yang pada mulanya pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak hanya berhubungan dengan matematika.

Beberapa Definisi Komputer menurut para ahli :

q  Robert H. Blissmer dlm buku Computer Annual, Komputer adalah suatu alat elektronik yg mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi

q  Donald H. Sanders dlm buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program)

q  VC. Hamacher dkk, dlm buku Computer Organization, Komputer adalah mesin penghitung eletronik yg cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi

q  William M. Fuori dlm buku Introduction to The Computer, The Tool of Business, Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yg dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yg besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yg mengoperasikan selama pemrosesan.

q  Gordon B. Davis dlm buku Introduction to The Computer, Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yg mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Ciri – ciri Komputer

ü  Alat elektronik

ü  Dapat menerima input data

ü  Dapat mengolah data

ü  Dapat memberikan informasi

ü  Menggunakan suatu program yg  tersimpan di memori komputer (stored program)

ü  Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan

ü  Bekerja secara otomatis

Bagian-bagian Komputer

  1. Hardware (Perangkat Keras)

q  Prosesor, atau CPU unit yang mengolah data

q  Memori RAM, tempat menyimpan data sementara

q  Hard drive, media penyimpanan semi permanen

q  Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh CPU, seperti mouse, keyboard, dan tablet

q  Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer.

  1. Software (Perangkat Lunak)

q  Sistem operasi : Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer, seperti Linux, Windows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software

q  Program komputer, aplikasi tambahan yang diinstal sesuai dengan sistem operasinya

Apa yang dimaksud Pengolahan Data Elektronik ?

Electronic Data Processing (EDP) atau pengolahan data elektronik (PDE) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yg lebih berarti berupa suatu informasi dgn menggunakan suatu alat elektronik yaitu komputer (Jogiyanto, H.M,1988).

Beberapa pengertian

q  Data adalah kumpulan kejadian yg diangkat dari suatu kenyataan yg berupa angka-angka, hurup-hurup atau symbol-simbol khusus atau gabungan darinya

q  Pengolahan data (data processing) adalah manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna atau lebih berarti berupa suatu informasi

q  Informasi adalah hasil dari kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yg lebih berarti dari suatu kejadian.

Siklus Pengolahan Data

Origination : proses pengumpulan data yg biasanya merupakan  proses pencatatan (recording) data ke dokumen dasar.

Input :  proses memasukkan data ke dalam proses komputer lewat  alat input (input device)

Processing : proses pengolahan data yg sudah dimasukkan yg dilakukan oleh alat pemroses (processing device) yg dapat berupa proses menghitung, membandingkan, mengklasifikasikan, mengurutkan, mengendalikan atau mencari di storage.

Storage       : Proses perekaman hasil pengolahan utk disimpan & dpt diproses kembali

Output         : hasil pengolahan data ke alat output (output device) berupa informasi

Distribution : Distribusian output kpd pihak yg berhak & membutuhkan informasi

Sistem Komputer

Sistem adalah jaringan daripada elemen-elemen yg saling berhubungan membentuk satu kesatuan utk melaksanakan suatu tujuan pokok

Tujuan Pokok Sistem Komputer ada mengolah data utk menghasilkan informasi.

Elemen-Elemen dari Sistem Komputer :

  1. Perangkat Keras (Hardware), yaitu semua peralatan yg secara fisik terlihat dan dapat dijamah dalam suatu komputer. Secara garis besar hardware dapat dikelompokkan menjadi :

Alat Input (Input device) yaitu bagian dari system komputer yg berfungsi untuk menerima input (masukan data), contohnya keyboard, pointing device, scanner, sensor

Alat Pemroses yaitu alat dimana instruksi-intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan dalam alat ouput. Alat pemroses terdiri dari central processor atau CPU (central processor unit) dan main memory.

Alat Output (Output device) yaitu bagian dari system komputer yg berfungsi sebagai penerima hasil pengolahan data dan mengeluarkannya sehingga menghasilkan output

  1. Perangkat / Piranti Lunak (Software), yaitu program yg berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Software dapat dikelompokkan menjadi :

v  Bahasa program (program language), yg dipakai oleh para pembuat program (programmer) utk membuat daftar instruksi (program) yg harus dilaksanakan oleh komputer. Contoh bahasa program adalah Basic, Cobol, Fortran, Pascal, Assembler, dll

v  Paket Aplikasi (package software) yaitu program yg sudah siap digunakan untuk suatu aplikasi tertentu, misalnya, Wordstar, MS-Office, Lotus 123, SPSS, dll

v  Sistem operasi (operating system) adalah suatu program yg berfungsi sebagai pengendali kerja komputer, misalnya DOS, UNIX, Windows, Linux,dll.

  1. Manusia-nya (Brainware), adalah manusia atau orang-orang yang bekerja di dalam mengoperasikan serta mengatur system komputer, mereka diantaranya adalah :

System Analyst yg bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu system / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yg dipesan oleh pemakai jasa komputer.

Programmer yg bertugas di dalam data processing programming berdasarkan program spesialisasi

Operator yg bertugas mempersiapkan komputer utk memproses suatu program mulai dari menghidupkan komputer, menjalankan komputer (mengoperasikan program-program komputer / aplikasi komputer)

Aplikasi-Aplikasi Komputer dan Penggunaannya

Perkembangan aplikasi komputer berkembang seiring kemajuan teknologi komputer, mulai dari yg beroperasi pada system DOS, Windows, kemudian Linux dan akan muncul terus mengikuti perkembangan pengetahuan dan teknologi.

Aplikasi-aplikasi komputer yg sering digunakan diantaranya :

q  MS-Office yg berjalan dalam Windows berguna utk keperluan individu/kelompok dalam mengetik data, mengolah data, presentasi, komunikasi (internet), dll. Star Office for Linux , yg beroperasi dalam Lingkungan Sistem Operasi Linux, yg dibuat dengan peran seperti MS-Office.

q  SPSS, Microstat, Statistica for Win, dll yg digunakan utk pengolahan data dlm penelitian.

q   Linguist, Dictionary 2000, ETS Toefl, Power Preparation TOEFL, dll yg merupakan program bahasa yg sering digunakan

q  Corel Draw, MS Paint, Adobe Photoshop, ACD See, dll yg merupakan program Desain Grafis

q  POM for Windows, QSB, Lindo, Tora, Microsoft Project, dll yg merupakan program2 utk Manajemen operasi yg membantu dlm pengambilan keputusan.

q  General Ledger, DEA, MYOB Accounting, ACCPAC, dll merupakan program akuntansi yg sering digunakan.

Perbandingan Kemampuan Manusia dan Komputer

Perkembangan Teknologi Komputer

  1. Komputer generasi Pertama ( 1946 – 1959 )

Komputer generasi pertama adalah Komputer yang menggunakan konsep stored program (operasi komputer di kontrol oleh program yg disimpan di memori). Komputer Generasi pertama mempunyai ciri-ciri sbb :

    • Program hanya dapat di buat dengan bahasa mesin (machine language)
    • Menggunakan konsep stored program dengan memori utamanya adalah magnetic core storage
    • Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk
    • Ukuran fisik komputer besar dan memerlukan ruangan yang luas
    • Cepat panas sehingga diperlukan alat pendingin
    • Simpanannya kecil
    • Membutuhkan daya listrik yg besar
    • Orientasi terutama pada aplikasi bisnis

Komputer generasi ini misalnya ENIAC = Electronik umericalIntergrator  And Calculator (1946), Komputer yg sepenuhnya stored Program yg pertama – EDSAC (Electronic Delayed Storaged Automatic Computer) tahun 1949. Komputer Digital Elektronik ukuran besar di Inggris Pertama ACE (Automatic Calculating Engine) pada tahun 1950 yg menggunakan kartu plong, IBM 705 (1959), Komputer Generasi Pertama lainnya adalah UNIVAC II (dibuat Sperry Rand Univac), Datamatic 1000 (dibuat Honeywell), Mark II, Mark III, IBM 702, IBM 704, IBM 709 (Dibuat IBM), CRC, NCR, 102 A, NCR 102 D (Dibuat National Cash Register), BIZMAC I, BICMAC II (dibuat RCA).

  1. Komputer generasi Kedua ( 1959 – 1965 )

Komputer generasi ke dua ciri-ciri sbb :

    • Komponen yg dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Bardeen, William Shockley dan Walter Brattain pada tahun 1947.
    • Program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language) seperti misalnya FORTRAN, COBOL, ALGOL (The Algorithmic Language)
    • Kapasitas Memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage dapat menyimpan puluhan ribu karakter.Ukuran fisik komputer besar dan memerlukan ruangan yang luas
    • Menggunakan simapanan luar magnetic tape dan magnetic disk yg berbentuk removable disk atau disk pack
    • Mempunyai kemampuan proses real time dan time sharing

komputer generasi kedua adalah sbb : PDP-1 dibuat oleh perusahaan DEC (Digital Equipment Coorporation) pada tahun 1959, Penggunaan Virtual Memory yg pertama dalam Komputer (1961), pada tahun 1963 Komputer Mini Komersail yang Pertama yaitu PDP 5 dandiikuti PDP 8 (buatan DEC) dan IBM 401 utk aplikasi bisnis , IBM 1602 utk aplikasi teknik (buatan IBM). Komputer Generasi Kedua lainnya adalah UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 (Sperry Rand-UNIVAC), Burrough 200 ( Burrough), IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600 ( Internation Bussines Machine), NCR 300 ( National Cash Register), Honeywell 400, Honeywell 800 (Honeywell), CDC 1604, CDC 160A (Control Data Coorporation), GE 635, GE 645, GE 200 (General Electric)

  1. Komputer Generasi Ketiga ( 1965 – 1970 )

Komputer generasi ketiga memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah IC (Integrated Circuit) yg berbentuk hybrid Intergrated circuit dan monolhitic integrated circuits

  1. Komputer Generasi yang Keempat ( sejak tahun 1970 )

Komputer generasi keempat memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang dijadikan dalam sebuah chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar large Scale Integration (BLSI). Juga telah dikembangkannya microprocessor dan semiconductor  yang berbentuk chip untu memori komputer.

Komputer generasi ini antara lain IBM 370, komputer untuk komersila yang dinamakan Crai-1, Apple I dan Apple II.

pada komputer generasi keempat ini sudah menggunakan system operasi windows yang pertama.

  1. Komputer Generasi yang Kelima ( awal 80an )

Komputer generasi keempat memiliki ciri bahwa pengembangan  dari chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga dengan Bipolar large Scale Integration (BLSI) menjadi VLSI

Pengertian Algoritma

Dalam matematika dan komputasi, algoritma merupakan kumpulan perintah untuk menyelesaikan suatu masalah. Perintah-perintah ini dapat diterjemahkan secara bertahap dari awal hingga akhir. Masalah tersebut dapat berupa apa saja, dengan catatan untuk setiap masalah, ada kriteria kondisi awal yang harus dipenuhi sebelum menjalankan algoritma. Algoritma akan dapat selalu berakhir untuk semua kondisi awal yang memenuhi kriteria, dalam hal ini berbeda dengan heuristik. Algoritma sering mempunyai langkah pengulangan (iterasi) atau memerlukan keputusan (logika Boolean dan perbandingan) sampai tugasnya selesai.

Desain dan analisis algoritma adalah suatu cabang khusus dalam ilmu komputer yang mempelajari karakteristik dan performa dari suatu algoritma dalam menyelesaikan masalah, terlepas dari implementasi algoritma tersebut. Dalam cabang disiplin ini algoritma dipelajari secara abstrak, terlepas dari sistem komputer atau bahasa pemrograman yang digunakan. Algoritma yang berbeda dapat diterapkan pada suatu masalah dengan kriteria yang sama.

Kompleksitas dari suatu algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Secara informal, algoritma yang dapat menyelesaikan suatu permasalahan dalam waktu yang singkat memiliki kompleksitas yang rendah, sementara algoritma yang membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikan masalahnya mempunyai kompleksitas yang tinggi.

Sejarah Algoritma

Kata algoritma berasal dari latinisasi nama seorang ahli matematika dari Uzbekistan Al Khawārizmi (hidup sekitar abad ke-9), sebagaimana tercantum pada terjemahan karyanya dalam bahasa latin dari abad ke-12 “Algorithmi de numero Indorum”. Pada awalnya kata algorisma adalah istilah yang merujuk kepada aturan-aturan aritmetis untuk menyelesaikan persoalan dengan menggunakan bilangan numerik arab (sebenarnya dari India, seperti tertulis pada judul di atas). Pada abad ke-18, istilah ini berkembang menjadi algoritma, yang mencakup semua prosedur atau urutan langkah yang jelas dan diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan.

Jenis-jenis Algoritma

Terdapat beragam klasifikasi algoritma dan setiap klasifikasi mempunyai alasan tersendiri. Salah satu cara untuk melakukan klasifikasi jenis-jenis algoritma adalah dengan memperhatikan paradigma dan metode yang digunakan untuk mendesain algoritma tersebut. Beberapa paradigma yang digunakan dalam menyusun suatu algoritma akan dipaparkan dibagian ini. Masing-masing paradigma dapat digunakan dalam banyak algoritma yang berbeda.

  • Divide and Conquer, paradigma untuk membagi suatu permasalahan besar menjadi permasalahan-permasalahan yang lebih kecil. Pembagian masalah ini dilakukan terus menerus sampai ditemukan bagian masalah kecil yang mudah untuk dipecahkan. Singkatnya menyelesaikan keseluruhan masalah dengan membagi masalah besar dan kemudian memecahkan permasalahan-permasalahan kecil yang terbentuk.

Flowchart program (Bagan Alir Program)

Merupakan diagram yang menggambarkan urutan logika dari suatu prosedur pemecahan masalah. Berikut adalah simbol – simbol standar yang digunakan pada flowchart program.

Simbol Nama Keterangan
Simbol input/output Menunjukkan dokumen input/output
Simbol proses Menunjukkan kegiatan proses dari operasi komputer
Simbol arah data Menunjukkan arus dari proses
Simbol pengujian Menunjukkan pengujian pada program
Simbol awal / akhir program Menunjukkan awal atau akhir program
Simbol penghubung Menunjukkan penghubung ke halaman yang masih sama atau ke halaman lain

Simbol – simbol flowchart program

Sejarah pascal

Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan filosofi terkenal abad 17 dari Prancis.

Profesor Niklaus Wirth memperkenalkan kompiler bahasa Pascal pertama kali untuk komputer CDC 6000 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan untuk membantu mengajar program komputer secara sistematis, khususnya pemrograman terstruktur. Pada perkembangannya banyak versi-versi pascal yang beredar, antara lain: MS-Pascal, Apple Pascal, Turbo Pascal, Turbo Pascal for Windows (TPW) dll. Pascal merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berbasis text (bukan visual). Dari sekian banyak varian Pascal, Turbo Pascal (Borland) adalah yang paling terkenal. Seperti halnya Basic dengan Visual Basic-nya, Pascal pun memiliki tingkatan lebih tinggi yaitu Delphi.

KONSEP DASAR PEMROGRAMAN PASCAL

1.1 Perkembangan Pascal

Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan, dirancang oleh Prof. Niklaus Wirth dari Technical University di Zurich, Switzerland. Nama pascal diambil sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, ahli matematik dan philosophi terkenal abad 17 dari Perancis.

1.2 Struktur Program Pascal

Struktur dari suatu program pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu : bagian deklarasi dan bagian pernyataan. Secara ringkas, struktur suatu program pascal dapat terdiri dari :

1. Judul program

2. Blok program

a. Bagian deklarasi

- deklarasi label

- deklarasi konstanta

- deklarasi tipe

- deklarasi variable

- deklarasi prosedur

- deklarasi fungsi

b. Bagian pernyataan

Program pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja.

Begin

End.

Bentuk umum dari bagian pernyataan adalah :

Begin

Statement;

End .

Konsep dasar pemrograman pascal Algoritma & Pemrogram 2A

Contoh :

Begin

Writeln ( ‘Saya pascal’ );

Writeln ( ‘————–‘ )

End .

Outputnya : Saya pascal

—————

Program pascal tidak mengenal aturan penulisan di kolom tertentu, jadi boleh ditulis mulai kolom berapapun. Penulisan statement-statement pada contoh program yang menjorok masuk beberapa kolom tidak mempunyai pengaruh diproses, hanya dimaksudkan supaya mempermudah pembacaan program, sehingga akan lebih terlihat bagian-bagiannya, dan baik untuk dokumentasi.

Judul program sifatnya optional dan tidak signifikan didalam program. Jika ditulis dapat digunakan untuk memberi nama program dan daftar dari parameter tentang komunikasi program dengan lingkungannya yang sifatnya sebagai dokumentasi saja. Judul program bila ditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma.

Contoh :

Program contoh ;

Begin

Writeln ( ‘Gunadarma’ );

Writeln( ‘—————‘ );

End .

1.3 Deklarasi

Bagian deklarasi digunakan bila didalam program menggunakan pengenal (identifier) yang dapat berupa label, konstanta, tipe, variable, prosedur dan fungsi.

1.3.1 Deklarasi Konstanta

Definisi konstanta diawali dengan kata cadangan Const diikuti oleh kumpulan identifier yang diberi suatu nilai konstanta. Data konstanta nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah didalam program.

Contoh :

Program contoh_konstanta;

Const

Potongan = 0.2 ;

Gaji = 25000 ;

Namaperusahaan = ‘PT ABC’ ;

Begin

Writeln ( ‘Potongan =’, Potongan ) ;

Writeln ( ‘Gaji =’, Gaji ) ;

Writeln ( ‘Nama =’, Namaperusahaan) ;

End .

1.3.2 Deklarasi Variabel

Variabel adalah identifier yang berisi data yang dapat diubah-ubah nilainya didalam program. Menggunakan kata cadangan Var sebagai judul didalam bagian deklarasi variable dan diikuti oleh satu atau lebih identifier yang dipisahkan koma, diikuti dengan titik dua dan tipe dari datanya diakhiri dengan titik koma.

Contoh :

Var

Total, Gaji, Tunjangan : real ;

Jumlahanak : integer ;

Keterangan : string [25] ;

Begin

Gaji : = 500000 ;

Jumlahanak : = 3 ;

Tunjangan : = 0.25 * Gaji + Jumlahanak * 30000 ;

Total : = Gaji + Tunjangan ;

Keterangan : = ‘Karyawan Teladan’ ;

Writeln ( ‘ Gaji bulanan = Rp. ‘ , Gaji ) ;

Writeln ( ‘ Tunjangan = Rp. ‘ , Tunjangan ) ;

Writeln ( ‘ Total gaji = Rp. ‘ , Total ) ;

Writeln ( ‘ Keterangan = Rp. ‘ , Keterangan ) ;

End .

1.3.3 Deklarasi Tipe

Pascal menyediakan beberapa macam tipe data, yaitu :

1. tipe data sederhana, terdiri dari :

a. tipe data standar : integer, real, char, string, Boolean.

b. Tipe data didefinisikan pemakai : enumerated atau scalar, subrange

2. Tipe data terstruktur : array, record, file, set

3. Tipe data penunjuk

Contoh :

Type

Pecahan = real ;

Bulat = integer ;

Huruf = string [25] ;

Begin

……..

……..

……..

End .

1.3.4 Deklarasi Label

Jika program menggunakan statement Goto untuk meloncat ke suatu statement yang tertentu, maka dibutuhkan suatu label pada statement yang dituju dan label tersebut harus di deklarasikan terlebih dahulu pada bagian deklarasi. Menggunakan kata cadangan Label diikuti oleh kumpulan identifier label dengan dipisahkan oleh koma dan diakhiri dengan titik koma.

Contoh :

Label

100, selesai ;

Begin

Writeln ( ‘Bahasa’ ) ;

Goto 100 ;

Writeln ( ‘Cobol’ ) ;

100 :

Writeln ( ‘Pascal’ ) ;

Goto selesai ;

Writeln ( ‘Fortran’ ) ;

Selesai :

End .

Output :           Bahasa

Pascal

1.3.5 Deklarasi Prosedur

Prosedur merupakan bagian yang terpisah dari program dan dapat diaktifkan dimanapun didalam program. Prosedur dibuat sendiri bilamana program akan dibagi-bagi menjadi beberapa blok-blok modul. Prosedur dibuat didalam program dengan cara mendeklarasikannya dibagian deklarasi prosedur. Menggunakan kata cadangan Procedure.

Contoh :

Procedure tambah ( x, y : integer ; var hasil : integer ) ;

Begin

Hasil : = x + y ;

End ;

{program utama}

var

z : integer ;

Begin

Tambah ( 2, 3, z ) ;

Writeln ( ‘ 2 + 3 = ‘, z );

End .

1.3.6 Deklarasi Fungsi

Fungsi juga merupakan bagian program yang terpisah mirip dengan prosedur, tetapi ada beberapa perbedaannya. Kata cadangan yang digunakan Function.

Contoh :

Function Tambah ( x, y : integer ) : integer ;

Begin

Tambah : = x + y ;

End ;

{program utama}

Begin

Writeln ( ‘ 2 + 3 = ‘ , Tambah ( 2, 3)) ;

End .

Output :

2 + 3 = 5

1.4 Unit

Suatu unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variable, prosedur dan fungsi-fungsi. Tiap-tiap unit tampak seperti suatu program Pascal yang terpisah. Unit standar sudah merupakan kode mesin (sudah dikompilasi), bukan kode sumber Pascal lagi dan sudah diletakkan di memori pada waktu menggunakan pascal. Untuk menggunakan suatu unit, harus diletakkan suatu anak kalimat Uses diawal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan.

1.4.1 Unit System

Sebenarnya adalah pustaka dari runtime Turbo Pascal yang mendukung semua proses yang dibutuhkan pada waktu runtime. Unit system berisi semua prosedur dan fungsi standar turbo pascal. Unit system ini akan secara otomatis digunakan didalam program, sehingga boleh tidak disebutkan didalam anak kalimat Uses.

1.4.2 Unit Crt

Digunakan untuk memanipulasi layer teks ( windowing, peletakkan cursor dilayar, color untuk teks, kode extanded keyboard dan lainnya). Unit standar crt hanya dapat digunakan oleh program yang digunakan dikomputer IBM PC, IBM AT, IBM PS/2 atau yang kompatibel dengannya.

Contoh :

Uses crt ;

Begin

Clrscr ;

Writeln ( ‘Hallo’ ) ;

Writeln ( ‘——-‘ ) ;

End .

Prosedur standar yang menggunakan unit crt adalah :

AssignCrt HighVideo Sound
ClrEol InsLine TextBackground
ClrScr LowVideo TextColor
Delay NormVideo TextMode
DelLine NoSound Window
GotoXY

Fungsi standar yang menggunakan unit Crt adalah :

KeyPressed

ReadKey

WhereX

WhereY

1.4.3 Unit Printer

Merupakan unit yang sangat kecil dirancang untuk penggunaan printer didalam program.

Contoh :

Uses printer ;

Begin

Writeln ( Lst, ‘Hallo’ ) ;

Writeln ( Lst, ‘——-‘ ) ;

End .

1.4.4 Unit Dos

Digunakan bila akan menggunakan prosedur-prosedur dan fungsi-fungsi standar yang berhubungan dengan DOS call, semacam DetTime, SetTime, DiskSize, DiskFree dan lainnya.

Contoh :

Uses Dos ;

Begin

Writeln ( DiskFree(0), ‘ byte sisa isi disk ‘ ) ;

End .

1.4.5 Unit Graph

menyediakan suatu kumpulan rutin grafik yang canggih, sehingga dapat memanfaatkannya untuk keperluan-keperluan pembuatan grafik.

contoh :

Uses graph ;

Var

DriveGrafik, ModeGrafik : integer ;

I, x, y : integer ;

Begin

DriveGrafik : = detect ;

…….

…….

End .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s