Aplikasi IT 1

v  BAB 1 (Membuat dan mengedit naskah / BW1 Hal 28 – 38)

Microsoft Word merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk mengolah kata atau dokumen. Selain dipergunakan untuk mengolah kata atau dokumen, dalam Ms. Word terdapat beberapa fasilitas tambahan untuk membuat bagan, penulisan rumus, menyisipkan gambar atau membuat grafik, dll.

Hal yang pertama kali perlu anda lakukan untuk menggunakan Ms. Word adalah pilih Start menu, klik Ms. Office lalu pilih Ms. Word. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Tampilan Ms. Office

Membuat naskah

  • Latihan 1

Ketiklah naskah berikut ini :

Penggunaan komputer pada jurusan teknik informatika mutlak diperlukan, karena dapat membantu mahasiswa dalam penyelesaian masalah. Salah satu program aplikasi yang banyak digunakan adalah Ms. Office.

Praktikum aplikasi IT I membahas tentang bagian dari Ms. Office tersebut, diantaranya adalah Ms. Word, Ms. Excel, dan Ms. Power Point. Dengan menggunakan ketiga program aplikasi tersebut dapat menyelesaikan masalah pengolahan kata, pengolahan data dan membantu dalam presentasi.

Lalu simpan naskah anda dengan cara pilih menu File kemudian klik menu Save (simpan naskah anda dengan nama latihan1).

Untuk menutup file yang sudah anda buat maka pilih menu File kemudian klik Close.

  • Latihan 2

Buka file yang sudah anda buat dengan cara pilih menu File kemudian klik Open, lalu pilih direktori dan nama file anda.

Untuk membuat file baru anda bisa memilih menu File lalu pilih New.

Ketiklah naskah berikut ini :

BIODATA DIRI

Nama                                      : (isi sesuai dengan nama anda)

Tempat, Tanggal Lahir          : (isi sesuai dengan TTL anda)

Alamat                                    : (isi sesuai dengan alamat anda)

Pekerjaan                                : (isi sesuai dengan pekerjaan anda)

Pendidikan                             : (isi sesuai dengan tempat anda kuliah)

Hobby                                     : (isi sesuai dengan hobby anda)

Anda boleh berkreasi untuk mempercantik hasil pekerjaan anda (misalnya mengubah jenis huruf, font,dsb ).

Jangan lupa simpan hasil pekerjaan anda(simpan naskah anda dengan nama latihan2).

  • Latihan 3

Simpan kembali latihan2 dengan nama yang berbeda (misalnya latihan3). Dengan cara anda aktif pada latihan2, kemudian pilih menu File lalu pilih Save As.

v  BAB 2 (Mengatur format paragraf , bullet and numbering, dan kolom koran / BW1 Hal 64 – 89)

Format paragraf

Mengatur paragraf dilakukan untuk membuat nakah agar terlihat lebih menarik dan rapi dalam pembuatan naskah serta sesuai dengan yang diinginkan dengan bentuk pengaturan paragraf tertentu.

  • Latihan 4

Buat naskah seperti dibawah ini :

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

lalu atur format paragrafnya dengan cara blok terlebih dahulu naskah yang telah anda buat lalu pilih menu FormatParagraph.

Tampilan Menu Format – Paragraph

Sesuai dengan ketentuan berikut ini :

General

Aligment            : Justified

Outline level      : Body text

Indentation

Left                   : 1 cm

Right                 : 0,5 cm

Spacing

Before               : Auto

After                 : Auto

Line spacing      : 1,5 lines

Bullets and numbering

Bullets and Numbering digunakan untuk membuat tulisan pada awal baris atau awal kalimat dengan memberi nomor atau simbol. Ketentuan menggunakan Bullets and Numbering adalah dengan cara pilih menu Format lalu klik Bullets and Numbering.

Tampilan Menu Format – Bullet and Numbering

  • Latihan 5

Buat naskah seperti berikut ini :

TATA TERTIB

LABORATORIUM KOMPUTER

  1. 1. Peserta dilarang makan dan minum di ruang Komputer.
  2. 2. Peserta duduk pada tempat duduk masing-masing.
  3. 3. Peserta bekerja dengan tata tertib dan tenang.
  4. 4. Peserta tidak boleh menggunakan komputer lain sebelum minta izin pada pembimbing.
  5. 5. Peserta dilarang main GAME sebelum ada izin dari pembimbing.
  6. 6. Peserta dilarang menginstal program atau mengganti setting komputer.
  7. 7. Peserta dilarang menuliskan kata-kata yang tidak sopan/ tidak pantas di komputer.
  8. 8. Peserta dilarang menyimpan file (document, gambar, dll) yang tidak pantas.
  9. 9. Setelah selesai bekerja dengan komputer mahasiswa menutup programnya masing-masing.
  10. 10. Peserta keluar dari ruang komputer dengan tertib.
  11. 11. Peserta yang melanggar tata tertib dikenai sanksi

Anda dapat mempercantik naskah anda dengan mengubah font, jenis huruf, atau menyisipkan gambar.

Kolom koran

Kolom koran adalah suatu naskah yang diketik berdasarkan kolom yang diatur sesuai dengan kebutuhan, kolom koran dapat dibagi menjadi dua kolom atau lebih. Caranya adalah dengan menyorot paragraf yang akan dijadikan kolom koran, klik menu Format lalu pilih Columns. Pada bagian Presets, pilih model koran yang diingnkan.

Tampilan Menu Format – Columns

  • Latihan 6

Buat naskah seperti berikut :


I

nternational Networking (internet) adalah suatu media informasi yang berjalan dalam suatu komputer, yang dikatakan sebagai teknologi tercanggih abad ini. Akan tetapi, tidak semua komputer yang ada bisa berhubungan karena suatu komputer dapat sebagai internet jika sudah terhubung dengan sebuah jaringan.

Internet pertama kali ada di Amerika, saat itu dalam keadaan perang. Sebelum internet ada, ARPAnet (US Defense Advanced Research Projects Agency) atau Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Bila satu bagian dari sambungan jaringan terganggu serangan musuh, jalur yang melalui sambungan itu otomatis dipindahkan ke sambungan lainnya. Setelah itu internet digunakan oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Selanjutnya pemerintah Amerika Serikat memberikan izin kearah komersial pada awal 1990.

v  BAB 3 (Mengolah tabel, Membuat mail merge / BW1 Hal 90 – 125)

Membuat tabel

Membuat tabel biasanya diperlukan untuk menyisipkan suatu penawaran yang berupa tabel yang dapat digabung dengan naskah tanpa harus membuatnya menggunakan aplikasi lain, misalnya Microsoft Excel. Sebelum anda membuat tabel tempatkan kursor anda ditempat yang diinginkan lalu pilih menu Table, klik pada pilihan Insert lalu pilih Table.

Tampilan Menu Table – insert table

  • Latihan 7

Buatlah tabel dengan ketentuan dan isian sebagai berikut :

Pada isian Number of Columns : ketik angka 5, untuk mengisi banyaknya kolom.

Pada isian Number of Rows : ketik angka 2, untuk mengisi banyaknya baris.

No Nim Nama Jenis Kelamin Alamat
1 09044411001 Anita Maulinda Perempuan Jl. Kenari No 12 Purwakarta
2 09044411002 Andre Suhendar Laki – laki Jl. Pasir Bumi No 23 Bandung
3 09044411003 Bayu Susanto Laki – laki Jl. Indah Raya No 90 Darangdan
4 09044411004 Dinda Kanaya Perempuan Kp. Baru No 24 Simpang Purwakarta
5 09044411005 Erwin Hadi Laki – laki Jl. Jatijajar No 25 Munjul Jaya Purwakarta

Anda dapat mempercantik tampilan tabel anda dengan memilih menu AutoFormat.

Mencetak alamat pada amplop

Mencetak alamat pada amplop biasanya digunakan hanya untuk Nama dan Alamat yang dituju untuk keperluan dalam berbagai acara dan surat panggilan. Langkah – langkah mencetak alamat pada amplop yaitu klik menu Tools, pilih Letters and Mailings. Pilih Envelopes and Labels.

  • Ketik alamat yang dituju pada kotak isian Delivery address.
  • Ketik alamat si pengirim pada kotak isian Return address.
  • Klik tombol Options untuk memilih jenis amplop yang akan dipakai.
  • Klik tombol Envelopes Options.
  • Pilih jenis amplop pada kotak pilihan Envelopes Size.
  • Klik tombol Font di bawah menu Delivery address, untuk memilih jenis huruf pada alamat yang dituju.
  • Klik tombol Font di bawah menu Return address, untuk memilih jenis huruf pada alamat si pengirim.
  • Klik tombol OK jika pilihan sudah selesai.
  • Untuk menentukan letak amplop pada printer klik tombol Printer Options.
  • Klik tombol Add to document, untuk melihat hasilnya di layar.

Menu Tools – Letter and Mailings – Envelopes and Labels

  • Latihan 8

Cetak alamat pada amplop dengan menggunakan data nama dan alamat pada tabel diatas.

MailMerge (Surat Berangkai)

Membuat surat dengan Mail Merge adalah membuat surat dalam jumlah banyak. Mail merge digunakan untuk membuat surat panggilan atau surat undangan dengan nama dan alamat yang berbeda. Caranya pilih menu Tools, lalu pilih Letters and Mailings, lalu pilih Mail Merge.

  • Latihan 9

Buat Mail Merge dengan isian file seperti dibawah ini :

UNIVERSITAS PURWAKARTA

Jl. Basuki Rahmat No 25 Sindangkasih Purwakarta

Kepada Yth

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil ujian penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 September 2009. maka dengan ini kami menyatakan bahwa anda LULUS dan diterima sebagai mahasiswa baru Universitas Purwakarta.

Untuk keterangan dan administrasi lebih lanjut dapat anda ketahui melalui alamat e-mail Universitas Purwakarta (www.unpur.ac.id) atau datang langsung ke kampus kami setiap hari senin – sabtu pukul 09.00 – 15.00. demikian surat pemberitahuan ini kami buat.

Hormat kami,

Dekan Fakultas

Langkah – langkah membuat mail merge :

a)    Setelah memilih mail merge, klik pada pilihan Letters.

b)    Klik menu Next : Starting document.

c)     Klik menu Next select recipiens.

d)    Klik pada pilihan Type a news List.

e)    Klik pada pilihan Create.

f)     Klik tombol Customize. Lalu pilih tombol Delete, untuk menghapus semua nama – nama field yang ada pada pilihan Fields Names.

g)    Pilih tombol Add, untuk mengisi field anda. Ketik nama pada kotak isian Type a name for your field. Klik OK untuk memasukkan nama field tersebut. Begitu pula dengan nama field Alamat dan Kota. Sehingga hasilnya seperti berikut :

h)    Ketikan nama, alamat dan kota sesuai dengan data pada tabel latihan 7.

Untuk memasukkan data berikutnya anda klik tombol New Entry. Klik Ok jika sudah selesai.

i)      Simpan file data anda dengan nama alamat

j)     Tempatkan kursor dibawah Kepada Yth.

k)    Klik toolbar Insert Merge Field

l)      Klik nama pada daftar fields.

m)   Klik Insert untuk menyisipkan nama field tersebut, begitu pula untuk alamat dan kota.

n)    Klik Close untuk menutup kotak tersebut, maka hasilnya sebagai berikut :

  • o)    Klik toolbar View Merge data, untuk menampilkan nama tersebut.

p)    Jika sudah selesai simpan surat master tersebut dengan nama pemberitahuan.

v  BAB 4 (Mengatur layout dan mencetak naskah / BW1 Hal 146 – 151)

Menentukan margin pencetakan pada dokumen

Halaman yang akan dicetak dapat anda atur penempatan posisihalaman tersebut, penomoran genap atau ganjil dan letak kertas tegak atau miring. Caranya adalah buka dokumen yang akan dicetak. Pilih menu File lalu pilih Page Setup.

Tampilan menu File – Page Setup

Tombol Margins untuk menentukan batas pengetikan yang anda inginkan pada pilihan :

  • Top : untuk mengatur margin batas atas
  • Left : untuk mengatur margin batas kiri
  • Bottom        : untuk mengatur margin batas bawah
  • Right           : untuk mengatur margin batas kanan

Pada menu Orientation, terdapat pilihan posisi kertas yang diinginkan.

  • Portrait        : posisi kertas tegak
  • Landscape   : posisi kertas memanjang

Menu Multiple pages, untuk menentukan lembar kerja yang akan dicetak

  • Normal        : mencetak satu halaman
  • Mirror margins         : menentukan posisi halaman genap atau ganjil
  • 2 pages per sheet    : mencetak satu kertas menjadi 2 halaman

Untuk memilih jenis kertas yang akan dicetak, anda dapat memillih paper size pada menu paper di Page Setup.

Melihat dan mencetak naskah

Untuk melihat naskah yang sudah siap untuk dicetak maka klik menu File lalu pilih Print Preview. Jika sudah dan anda ingin mencetak maka klik menu File lalu pilih Print.

Tampilan menu File – Print

Pada menu Printer Name untuk menentukan nama printer yang anda gunakan.

Pada menu Page Range anda dapat menentukan pilihan :

  • All                           : mencetak secara keseluruhan
  • Current page           : mencetak halaman yang aktif
  • Page                       : mencetak halaman tertentu saja, anda harus mengisi nomor halamanya.

Number of copies digunakan untuk menentukan banyaknya salinan halaman yang akan dicetak.

  • Latihan 10

Buka kembali file naskah anda pada latihan 1 & latihan 2. atur file naskah anda dengan ketentuan :

Top                   : 4 cm

Left                   : 4 cm

Bottom              : 3 cm

Right                 : 3 cm

Gunakan kertas jenis A4, dengan posisi kertas memanjang.

v  BAB 5 (Membuat dan mengolah lembar kerja /  BW2 Hal 48 – 72)

Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk memanipulasi lembar kerja (worksheet) elektonis, karena terdiri dari lajur kolom dan lajur baris. Microsoft Excel banyak digunakan pengelolaan informasi khususnya data yang berbentuk angka dalam perhitungan, pembuatan lembar kerja, grafik dan manajemen database.

Hal yang pertama kali perlu anda lakukan untuk menggunakan Ms. Excel adalah pilih Start menu, klik Ms. Office lalu pilih Ms. Excel. Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini :

Tampilan Ms. Excel

Membuat dan mengolah lembar kerja

  • Latihan 11

Buatlah lembar kerja seperti dibawah ini :

Ketentuan membuat lembar kerja diatas :

  1. Untuk penomoran, isi sel A5 dengan angka 1 lalu aktif di sel tersebut, tekan tombol [ctrl], lalu klik dan drag sampai sel A9. Lihat hasilnya.
  2. Untuk data waktu penulisannya dapat ditulis dengan format jam:menit:detik atau =time(jam;menit;detik). Misalnya pada sel B5 dan B6 langsung diketikan waktunya, untuk sel B7 diketikan perintah =time(12:30:00)
  3. Sedangkan untuk waktu sekarang dapat menggunakan perintah [ctrl] [:].
  4. Untuk penulisan tanggal dapat menggunakan format tgl/bln/thn (tergantung settingan pada komputer) atau perintah =date(thn;bln;tgl).
  5. Untuk penulisan tanggal hari ini maka gunakan perintah [ctrl][;].

Jangan lupa simpan lembar kerja anda.

v  BAB 6 (Menyelesaikan masalah dengan menggunakan rumus dan fungsi / BW2 Hal 75 – 94)

Dalam Ms. Excel pengeryian rumus da fungsi mempunyai pengertian yang berbeda, rumus dapat berupa instruksi matematika pada suatu sel atau range,, sedangkan fungsi merupakan rumus yang digunakan untuk proses perhitungan.

Berikut adalah operator untuk melakukan perhitungan :

Operator Kegunaan Matematika Excel
() Kurung (4+5):3 =(4+5)/3
^=sqrt() PemangkatanAkar 5^²√5 =5^2=sqrt(5)
*/ PerkalianPembagian 4 x 55 : 6 =4*5=5/6
+- PenjumlahanPengurangan 7 + 58 – 3 =7+5=8-3

Fungsi

Ada beberapa fungsi dalam Excel yang sering digunakan antara lain :

1. fungsi statistik

Fungsi Kegunaan
SUM Menjumlahkan data dalam suatu range
AVERAGE Menghitung nilai rata – rata dari suatu range
MAX Menghasilkan nilai terbesar dari suatu range
MIN Menghasilkan nilai terkecil dari suatu range
COUNT Menghitung jumlah data dari suatu range
  • Latihan 12

Selesaikan lembar kerja latihan11 dengan menggunakan operator serta fungsi statistik

2. fungsi matematika

Fungsi Kegunaan
ABS Menghasilkan nilai absolute
INT Membulatkan bilangan ke bilangan genap terdekat
ROUND Membulatkan bilangan desimal yang ditentukan
EVEN Membulatkan bilangan genap terdekat ke atas
ROUNDOWN Membulatkan suatu bilangan ke bawah
ROUNDUP Membulatkan suatu bilangan ke atas
SQRT Menghasilkan akar kuadarat
COUNTA Menghitung sel tak kosong pada suatu range
COUNTIF Menghasilkan jumlah data dalam suatu range menurut kriteria
RANK Mengurutkan posisi tingkatan dari suatu bilangan
MOD Menghasilkan sisa pembagian

3. fungsi string / larik

Fungsi Kegunaan
LEFT(teks, n) Untuk mengambil huruf sebanyak n karakter dari kiri
RIGHT(teks, n) Untuk mengambil huruf sebanyak n karakter dari kanan
MID(teks, posisi awal, n) Mengambil huruf dari posisi tertentu sebanyak n karakter
LOWER(teks) Mengubah karakter teks menjadi huruf kecil semua
UPPER(teks) Mengubah karakter teks menjadi huruf besar semua
PROPER(teks) Mengubah karakter teks menjadi huruf besar dalam setiap awal kata

4. fungsi logika

Fungsi logika memerlukan adanya pernyataan penyangkalan test logika antara benar atau salah. Fungsi logika dapat diikuti dengan fungsi AND, OR, NOT. Bentuk umum fungsi logika adalah :

=IF(A,B,C)

A : persyaratan yang akan diuji

B : apabila kondisi uji benar

C : apabila kondisi uji salah

5. fungsi khusus / lookup

Fungsi Kegunanan
VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num, [range_lookup]) Mengisi data berdasarkan tabel tertentu yang diatur secara vertikal
HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,[range_lookup]) Mengisi data berdasarkan tabel tertentu yang diatur secara horisontal
  • Latihan 13
  1. Isi masing – masing sel berikut dengan data :

B5=ABS(A5)                  C5=EVEN(A5)                D5=ODD(A5)

E5=MOD(A5;2)              F5=ROUND(A5;1)

  1. Copy-kan hasilnya kebawah
  2. Isikan pula masing – masing sel dengan data berikut :

A11=LEFT(A1;6)            B11=RIGHT(A1;6)         C11=MID(A1;6;3)

D11=LOWER(A10)         E11=UPPER(A1) F11=PROPER(A1)

  1. Amati dan pahami hasilnya, cocokan dengan keterangan mengenai fungsi

v  BAB 7 (Menyelesaikan masalah dengan menggunakan rumus dan fungsi / BW2 Hal 75 – 94)

  • Latihan 14
  1. Gaji pokok diisi berdasarkan :

Karakter kedua kode = A adalah 100000

Karakter kedua kode = B adalah 150000

Karakter kedua kode = C adalah 200000

  1. Tunj. Istri diisi berdasarkan :

Khusus karyawan yang berstatus N dan berkelamin L sebesar 45000

  1. Bonus diisi berdasarkan :

Jika ruang = A atau golongan III sebesar 50000 selain itu 20000

  1. Jangan lupa simpan lembar kerja anda

v  BAB 8 (Menyelesaikan masalah dengan menggunakan rumus dan fungsi / BW2 Hal 75 – 94)

  • Latihan 15

Ketentuan pengisian kolom :

  1. Jenis sewa dan tarif/hari menggunakan fungsi Hlookup, Vlookup dan gabungan dengan fungsi string
  2. Lama sewa : tanggal kembali dikurangi tanggal sewa
  3. Denda menggunakan fungsi logika jika :

Lama sewa lebih dari 3 hari dikenakan denda 2000/hari

Lama sewa lebih dari 5 hari dikenakan denda 3000/hari

Lama sewa lebih dari 7 hari dikenakan denda 5000/hari

  1. Jumlah bayar : lama sewa dikalikan tarif ditambah denda

Sebelumnya buat tabel pembanding 1 dan 2 terlebih dahulu. Caranya :

  1. Sorot range C14 sampai D16
  2. Pilih menu InsertNameDefine, tampilanya adalah sebagai berikut :
  1. Ketik tabel1 pada kotak isian name
  2. Klik OK
  3. Untuk memberi tabel pembanding 2 sama seperti tabel pembanding 1, beri nama tabelnya tabel2.

v  BAB 9 (Membuat dan menyelesaikan masalah database dalam Ms. Excel /  BW2 Hal 99 – 114)

Database adalah manajemen pengolahan data model relasional yang terdiri dari lajur kolom dan baris. Database terdiri dari field dan record, field yaitu struktur data yang merupakan bagian dari kolom yang terdiri dari entitas dan atribut, sedangkan record yaitu struktur data yang merupakan bagian dari baris, pengelompokan database dalam Excel digunakan untuk pengolahan data form, data sort, data filter, dan validasi data.

Data sort digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan field yang dipilih, data dapat diurutkan mulai dari yang terkecil (ascending) atau dari yang terbesar (descending).

Langkah – langkah untuk membuat data sort adalah sebagai berikut :

Ketiklah data – data dibawah ini :

Sorot data, lalu pilih perintah sort

Atau pilih menu DataSort, lalu tentukan data apa yang akan diurutkan

Tampilan menu data – sort

Data filter merupakan fasilitas untuk menyaring dan mengelompokan dat berdasarkan kriteria tertentu.

Langkah – langkah untuk membuat data sort adalah Sorot data, lalu pilih menu DataFilter – AutoFilter, sehingga tampilannya seperti dibawah ini. lalu tentukan data apa yang akan diurutkan

  • Latihan 16

Dari data diatas urutkan data berdasarkan nama secara ascending, lalu tampilkan data berdasarkan divisi pemasaran.

v  BAB 10 (Membuat dan memodifikasi grafik / BW2 Hal 123 – 126)

Chart Wizard atau grafik adalah fasilitas untuk membuat tampilan grafik yang dipergunakan sebagai gambaran atau penjelasan apakah suatu instansi mengalami kemajuan

atau kemunduran.

Penerapan fungsi grafik

Buatlah tabel sesuai dengan data – data dibawah ini :

Blok semua data, lalu pilih menu InsertChart, lalu pilih chart type sesuai pilihan anda (misal yang akan dipilih adalah chart type 3D column, lalu pilih Next).

Tampilan menu Insert – Chart

Pada pilhan Series in pilih Rows, pilih Next, lalu tentukan tempat penyimpanannya. Jika sudah selesai pilih Finish.

Hasil akhirnya adalah seperti berikut :


v  BAB 11 (membuat & menjalankan slide)

Secara garis besar Ms. PowerPoint adalah program aplikasi yang digunakan untuk membuat slide. Dengan program ni anda dapat membuat bahan presentasi, pidato, seminar, dan lain – lain secara elektronis.

Tampilan Ms. Power Point

Membuat Slide

Presentasi yang anda buat biasanya terdiri dari beberapa slide. Masing – masing slide dapat dibuat dengan format yang berbeda. Berikut adalah langkah membuat slide :

  1. Biasanya saat membuka PowerPoint tampil slide untuk memasukan judul dan subjudul. Terdapat beberapa pilihan slide, contohya adalah sebagai berikut :

Tampilan pilihan slide

  1. Anda dapat memilih slide mana yang anda inginkan.
  2. Berikut adalah contoh membuat slide :
    1. Buat slide baru dengan memilih menu FileNew, pilh blank presentation. Lalu pilih ketikan judul dan subjudul seperti berikut ini :
  1. Untuk menambahkan slide pilih menu InsertNew Slide. Lalu ketikan naskah seperti berikut ini :
  1. Slide berikutnya sama seperti langkah sebelumnya untuk menambah slide, lalu ketikan naskah berikut ini :
  1. Untuk menjalankan slide pilih menu Slide ShowView Show. Jangan lupa simpan hasil kerja anda.
  2. Ketika menjalankan slide atau anda sedang melakukan presentasi dengan menggunakan PowerPoint, anda dapat terbantu dengan beberapa bantuan seperti berikut :

Pilihan menu pada saat anda menjalankan slide

  • Latihan 17

Buat slide seperti diatas, dengan pilihan From Design Template, gunakan pula design template yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s